pita deadline

pita deadline

Jumat, 04 November 2016

Weekend Course on Cardiology ke-28

Weekend Course on Cardiology (WECOC) ke-28 telah dilaksanakan pada 19-21 Agustus 2016 bertempat di Holiday Inn Hotel Kemayoran Jakarta. Tema yang diusung kali ini adalah “Appropriate Cardiovascular Services in Accordance to the Level of Care in Indonesia”.
Tampak dr. Doni Firman, Sp.JP(K) selaku Ketua Panita WECOC 28, Dr. dr. Amiliana M. Soesanto, Sp.JP(K) selaku Ketua Dept. Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI dan Dr. dr. Ismoyo Sunu, Sp.JP(K) selaku Ketua Yayasan Kardiovaskular Indonesia saat meresmikan pembukaan WECOC ke-28 di Holiday Inn Hotel Kemayoran Jakarta, 19 Agustus 2016.


Topik-topik utama yang digelar pada workshopnya antara lain: Gagal Jantung Akut, Kardiologi Pediatrik dan Penyakit Jantung Bawaan, Elektrokardiografi, Sindrom Koroner Akut, Hipertensi, Uji Latih Jantung, Ekokardiografi Trans Esofageal Dasar dan Lanjut, Elektrofisiologi dan Pacu Jantung, Pencitraan Penyakit Kardiovaskular, Penyakit Pembuluh Darah dan Bantuan Hidup Dasar untuk awam.
Dengan topik-topik penting yang up to date ini dapat menyedot peserta sekitar 1.150 orang, yang terdiri dari: para Kardiologist, Dokter Umum, Dokter Spesialis lain yang terkait, Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Nurse.
Program ilmiah yang digelar terdiri dari sesi pleno, breakfast symposia, lunch symposia, joint symposia antar departemen di lingkungan FKUI dan antar Universitas di Asia. Ada juga kuis interaktif untuk dokter umum, presentasi poster-poster hasil penelitian dan booth camp untuk peserta didik pendidikan profesi dokter spesialis kardiovaskular.


Setelah para peserta dijejali dengan sederet workshop dan sympo yang cukup melelahkan dan menguras tenaga dan pikiran, panitia menggelar acara santai ajang “Temu Kangen dan Silaturrahmi” para guru dan alumni Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FK UI pada acara Afternoon Gathering dan Pojok Kardiologi.


Dengan keseluruhan acara yang digelar, panitia berharap dapat memberikan manfaat kepada dokter-dokter dan seluruh pihak yang tertarik dalam perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kardiovaskular, untuk meningkatkan keilmuannya dan pelayanan di bidang jantung dan pembuluh darah seiring dengan pemerataan penggunaan jaminan sosial bidang kesehatan di Indonesia. Dan juga dengan pertemuan ini diharapkan dapat memberikan kesempatan bagi semua kalangan untuk membangun hubungan baik dan bertemu teman-teman baru dalam bidang ini.


WECOC adalah acara ilmiah rutin yang diadakan oleh Yayasan Kardiovaskular Indonesia (YKVI) tiap tahun, dan kini sudah yang ke-28 kalinya digelar. Pencetus gagasan acara WECOC untuk pertama kalinya, adalah Prof. dr. Lily I. Rilantono, Sp.JP(K) yg pada waktu itu menjabat Ketua Departemen Kardiologi dan Kedokteran Vaskular FKUI dan dr. J. Irawan Sugeng, Sp.JP(K). Untuk pertama kalinya WECOC diselenggarakan pada tahun 1988 di Jakarta tepatnya di Hotel Horison Ancol (sekarang Mercure Hotel) Jakarta Utara dengan jumlah peserta sekitar 200-300 orang yang terdiri dari dokter umum, kardiologis, spesialis terkait, perawat dan ada pula peserta-peserta asing (dari luar negeri).
Setelah melewati perjalanan panjangnya dari yang perdana sampai ke 28 ini tentunya telah banyak hal-hal yang dialami dan prestasi-prestasi yang diraih, mudah-mudahan semua harapan dan cita-cita panitia maupun peserta dapat segera terealisasi. Bravo 28th WECOC.*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar